5 Langkah Cara Meningkatkan Traffic

Setiap pemilik website pasti ingin websitenya selalu dikunjungi setiap hari. Website membutuhkan traffic agar dapat dikelola menjadi leads atau pelanggan tentunya semangkin tinggi traffic maka akan semakin lebih baik. Tak sekadar toko online, bahkan blogger pun membutuhkan agar nantinya bisa memasang iklan di blognya.

5 Cara utama untuk meningkatkan Traffic Website:

  • Riset Keyword & Kompetitor

Melakukan riset keyword untuk menemukan kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna mesin pencari Google. Ada 2 jenis keyword (Long Tail Keyword/ Short Tail Keyword). Short Tail Keyword adalah kata kunci yang singkat, biasanya terdiri dari satu atau dua kata seperti “mencari traffic” atau “arti traffic”. Long Tail Keyword merupakan jenis kata kunci yang lebih dari tiga kata, contoh “cara membuat artikel” atau “cara mencari traffic website”.

Jenis kata kunci ini biasanya cenderung memiliki volume pencarian lebih rendah dari pada short tail keyword, tetapi kamu bisa mulai menargetkan rangking tinggi di long tail keyword terlebih dahulu sebelum bersaing di short tail keyword.

Salah satu yang terpenting, kamu perlu untuk mengawasi pergerakan kompetitor – kompetitor industri yang serupa denganmu.

  • Menambahkan Visual yang menarik (Foto/Video)

Artikel panjang tanpa media visual yang menarik tentu dapat membuat pengunjung menjadi bosan dan meninggalkan halaman web mu. Banyaknya pengunjung yang bosan dan cepat meninggalkan website atau blog dapat mempengaruhi “Bounce Rate”.

Bounce Rate adalah metric atau angka persentase yang mengukur persentase kunjungan terhadap aktifitas kunjungan (klik menu, tautan). Apa peran bounce rate? Bounce Rate yang tinggi menandakan konten/ website anda tidak cukup membantu menarik perhatian pengunjung dan pembaca. Akibatnya rangking website dapat menurun di hasil pencarian dan traffic pun bisa menurun.

Bila hal ini terjadi, tak perlu khawatir. Kamu bisa mengatasi dengan menambahkan visual yang menarik di websitemu seperti foto, gambar ilustrasi, infografik maupun video. Video merupakan salah satu cara yang efektif membuat pengunjung betah.

Semakin betah pengunjung website, semakin baik kualitas SEOmu di penilaian Google. Kualitas SEO dalam penilaian Google memungkinkan Websitemu berada dihalaman pertama pada hasil pencarian.

  • Update Konten

Setelah membuat banyak konten, evaluasi konten, juga diperlukan. Lakukan secara berkala, perbaiki konten – konten yang mungkin tidak atau lama menghasilkan trafik website secara signifikan. Anda bisa menggunakan Google Search Console untuk mengetahui dikata kunci apa saja yang tersaring di setiap halaman website mu.

  • Email Marketing

Email Marketing merupakan salah satu cara pemasaran yang sering dilakukan bagi pembisnis, jangan remehkan penggunaan email marketing, dibeberapa studi seperti di McKinsey dan hubspot survey mengatakan “Everyone (almost) uses email” hampir semua orang menggunakan email. Penggunaan email sebagai alat marketing bersifat personal, lebih mudah untuk diukur, analisa dan evaluasi statiknya.

  • SEO

SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization” atau Optimasi mesin pencari. SEO merupakan suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog pada halaman utama pencarian SERP ( Search Engine Result Page ) sesuai dengan keyword yang ditentukan. Salah satu cara yang efektif dalam mencari traffic yaitu website anda harus memiliki kualitas SEO yang baik. Bagaimana caranya? Kamu bisa membuat konten berkualitas atau dengan menggunakan jasa SEO, biasanya mesin pencari google lebih menyukai situs yang popular.

Meningkatkan traffic secara organic bukan hal yang mudah dan butuh banyak usaha tetapi bukan suatu hal yang mustahil. Kalian perlu mempraktikannya satu persatu secara konsisten. Selamat Mencoba ya teman.

Mulai obrolan
1
Butuh bantuan?
Teman Jualan
Halloo,,
ada yang bisa kami bantu?